[PPM Manajemen] Menghadapi Babak Baru Dalam Bisnis

Pojok Pintar Manajemen Special Edition

Share on Social Networks

Share Link

Use permanent link to share in social media

Share with a friend

Please login to send this presentation by email!

Embed in your website

Select page to start with

Post comment with email address (confirmation of email is required in order to publish comment on website) or please login to post comment

20.

18. CHANGE IS INEVITABLE __________ CHANGE IS CONSTANT © 2020

1. MENGHADAPI BABAK BARU DALAM BISNIS Dari Sudut Pandang Manajemen

19. The measure of intelligence is the ability to change “ ” Albert Einstein © 2020

2. LATAR BELAKANG Era disrupsi, VUCA, dan krisis pandemi covid - 19 Era Kenormalan baru Perlu keputusan dan perubahan strategis agar dapat bertahan dan tumbuh © 2020 PPM Manajemen | Menghadapi Babak Baru dalam Bisnis

6. KESIAPAN PERUSAHAAN Dalam Menghadapi Tahun 2021 Telah Melakukan Pengalokasian Sumberdaya • Fasiliitas dan dana pengendalian infeksi covid - 19 • Infrastruktur dan teknologi untuk mendukung WFH © 2020

15. Rencana Pengembangan Perusahaan di Tahun 2021 PENGELOLAAN PASAR DAN KEGIATAN PEMASARAN 1 % 1 % 36,5 % 44,2 % 52,9 % 60,6 % 61,5 % Long term.contract Pengelolaan alur pelayanan pelanggan Green Sustainable Marketing Analisis Perilaku Konsumen Pemasaran melalui Sosial Media Pemasaran Digital Pengelolaan Big Data Konsumen dan Pasar © 2020

7. KESIAPAN PERUSAHAAN Dalam Menghadapi Tahun 2021 • Tempat kerja dan waktu kerja yang fleksibel • Pencegahan penyebaran penyakit di tempat kerja • Pembatasan perjalanan Telah Menetapkan Kebijakan Untuk Menghadapi Perubahan © 2020

14. Rencana Pengembangan Perusahaan di Tahun 2021 PENGELOLAAN KEUANGAN 1 % 19,2 % 35,6 % 41,3 % 42,3 % 45,2 % 49 % 60,6 % Other (Cash flow management) Merger dan Akuisisi Manajemen Keuangan Proyek Manajemen Portfolio perusahaan Analisis Data Keuangan Manajemen Keuangan berbasis aplikasi Sistem Informasi Keuangan Perusahaan Manajemen Risiko © 2020

3. Survei Survei dilakukan pada awal Desember 2020 s/d akhir Januari 2021 Apa yang dilakukan untuk bertahan selama pandemic ? Apa yang akan dilakukan pasca pandemi dan era kenormalan baru ? Benchmark dan pencerahan bagi peserta webinar © 2020

4. Profil Responden STATUS KEPEMILIKAN JUMLAH KARYAWAN • Jumlah responden yang dapat diolah adalah 104 dari beragam bidang kegiatan • 89.4 % responden berasal dari level manajerial Survei dilakukan pada awal Desember 2020 s/d akhir Januari 2021 © 2020

5. KESIAPAN PERUSAHAAN Dalam Menghadapi Tahun 2021 SIAP PROSES PERSIAPAN • Analisis masalah dan dampak pandemi • Membentuk tim perubahan • Kesiapan SDM dan sumberdaya utama untuk mempertahankan operasi bisnis Kesiapan yang dilakukan mencakup di antaranya : © 2020

16. Rencana Pengembangan Perusahaan di Tahun 2021 PENGELOLAN MANAJEMEN FUNGSIONAL ( Contoh : Operasi , Sistem Informasi , Inovasi,dll ) 25 % 31,7 % 42,3 % 50 % 52,9 % 53,8 % 68,3 % Social Entrepreneurship Corporate Entrepreneurship Business Process Reengeneering Pengembangan Model Bisnis Manajemen Inovasi dan Pengembangan Produk Manajemen Inovasi Transformasi Digital © 2020

11. ASPEK - ASPEK YANG HARUS DITINGKATKAN UNTUK MENJADI KEUNGGULAN DAYA SAING PERUSAHAAN DI TAHUN 2021 1 % 25 % 28,8 % 41,3 % 41,3 % 41,3 % 43,3 % 53,8 % 56,7 % 57,7 % 57,7 % 64,4 % Masuk ke Market Project Struktur Organisasi Brand Kualitas dari manajemen Budaya perusahaan Kualitas hubungan dengan Pemangku Kepentingan Efisiensi kegiatan operasional Kualitas Produk/Layanan Teknologi yang dimiliki Strategi yang jelas Responsif terhadap perubahan Kompetensi SDM © 2020

13. Rencana Pengembangan Perusahaan di Tahun 2021 18,3 % 25 % 26,9 % 35,6 % 36,5 % 36,5 % 36,5 % 44,2 % 45,2 % 49 % 50 % 64,4 % Pengembangan Corporate University Pengelolaan karyawan kontrak dan outsourcing Desain ulang deskripsi pekerjaan Employee Engagement Manajemen Imbal Jasa Budaya Perusahaan Pengelolaan SDM Generasi Millennials Pengembangan Organisasi yang lebih Tangkas (agile organization) Pengembangan sistem untuk mengelola Big Data SDM perusahaan Digitalisasi pengelolan SDM perusahaan Pengembangan Kompetensi SDM Pengelolaan Kinerja Karyawan PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA © 2020

9. 2,69 4,23 4,27 4,28 4,35 4,4 4,54 4,59 4,63 Outsourcing untuk aktifitas non-inti Peningkatan softskill karyawan Pengembangan produk baru Investasi di bidang IT Peningkatan kompetensi teknis Kemitraan dengan institusi lain yang relevan Perubahan struktur organisasi Kepemimpinan Peningkatan kualitas layanan FAKTOR PENDUKUNG PERKEMBANGAN PERUSAHAAN DI TAHUN 2021 * skala 5 • Peningkatan kualitas layanan • Kepemimpinan • Perubahan struktur organisasi • Kemitraan dengan institusi lain yang relevan 4 FAKTOR TERATAS © 2020

10. KOMPETENSI YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN DI TAHUN 2021 * skala 5 4,14 4,18 4,28 4,29 4,41 4,44 4,47 Keterampilan pengoperasian TIK Manajemen fungsional (MSDM, Pemasaran, Operasional) Manajemen proyek Keterampilan interpersonal Manajemen resiko Keterampilan pemecahan masalah Keterampilan manajerial • Keterampilan manajerial ( perencanaan , koordinasi , pengarahan dan pengendalian ) • Keterampilan dalam pemecahan masalah • Manajemen risiko • Keterampilan interpersonal 4 KOMPETENSI TERATAS © 2020

8. RISIKO YANG DIHADAPI PERUSAHAAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA TAHUN 2021 3,14 3,18 3,31 3,36 3,41 3,52 3,53 3,68 3,69 Perubahan customer loyalty Munculnya pesaing baru Kesesuaian kompetensi karyawan dengan kondisi saat ini Efektifitas keputusan manajerial Peraturan yang relevan dengan perkembangan bisnis Kondisi politik Indonesia Dampak resesi Pengembangan teknologi Persaingan harga * skala 5 • Persaingan harga • Perkembangan teknologi • Dampak resesi RISIKO EKSTERNAL • Efektifitas keputusan manajerial • Ketidaksesuaian kompetensi karyawan dengan kondisi saat ini RISIKO INTERNAL © 2020

12. TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN OLEH PERUSAHAAN DI TAHUN 2021 11 % 47,1 % 51,9 % 58,7 % 66,3 % Lainnya Investasi di Bidang IT Mengembangkan model bisnis baru Investasi untuk peningkatan kompetensi karyawan Me-redesign proses bisnis yang saat ini berjalan • Penyusunan visi dan misi baru • Delegasi dan distribusi kewenangan • Efisiensi biaya agar efektif dalam berbisnis dan sustain • Mempekerjakan karyawan pro dan memberhentikan karyawan yang deadwood dan menghambat kemajuan perusahaan • Integrasi mesin existing dengan IoT untuk monitoring kegiatan manajerial LAINNYA © 2020

17. CATATAN PENTING 1. Perubahan strategi bisnis dan manajemen perubahan 2. Perubahan proses operasional supaya lebih efektif dan efisien 3. Kegiatan bisnis jarak jauh . 4. Sistem pemantauan dan pengendalian bisnis lebih intensif 5. Memantau dan menjaga kesehatan karyawan dan keluarganya . 6. Implementasi teknologi khususnya IT. 7. Penerapan manajemen risiko 8. Pengembangan kompetensi manajerial dan pemecahan masalah 9. Peningkatan kualitas pelayanan 10. Pengembangan kemitraan bisnis © 2020

Views

  • 430 Total Views
  • 316 Website Views
  • 114 Embeded Views

Actions

  • 0 Social Shares
  • 0 Likes
  • 0 Dislikes
  • 0 Comments

Share count

  • 0 Facebook
  • 0 Twitter
  • 0 LinkedIn
  • 0 Google+

Embeds 1

  • 1 dev.ppm-manajemen.ac.id